Langsung ke konten utama

Perekrutan Guru Sebagai Tenaga Pengajar dan Pendidik Dilakukan Melalui Satu Data Based : Marketplace Menjadi Sarana Utama Demi Memanfaatkan Teknologi yang Semakin Canggih

Mulai tahun depan, tak hanya kebutuhan sehari-hari yang bisa terpenuhi melalui marketplace. Kebutuhan guru di sekolah-sekolah pun akan dilakukan melalui marketplace. Rencana terobosan baru ini disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, yang dihadiri Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemen PANRB), dan Kementerian Keuangan pada beberapa bulan yang lalu, (Rabu, 24 Mei 2023).

Nadiem mengatakan, konsep marketplace ini dibuat untuk mengatasi masalah kekurangan guru di sekolah sehingga banyaknya guru honorer yang ada. Dimana, menurutnya permasalahan mengenai guru ini berakar dari siklus perekrutan yang tidak real time yang mengakibatkan seorang guru bisa pindah ke sekolah lain, mengajukan surat pengunduran diri atau resign, sudah mencapai batas akhir periode mengajar (pensiun), ataupun sakit keras yang menyebabkan seorang guru bisa meninggal dunia, namun pihak sekolah tidak bisa secara langsung mencari pengganti lantaran harus menunggu perekrutan guru ASN yang terpusat. Sehingga tidak sedikit sekolah-sekolah yang merekrut guru honorer untuk memenuhi tenaga pengajar di sekolah tersebut.

Diakuinya, selama ini, rekrutmen ASN guru dilakukan terpusat karena ada kekhawatiran akan jumlah dan kompetensi guru yang direkrut tidak sesuai kebutuhan. Padahal, sekolah paling tahu kebutuhannya seperti apa. Selain itu, apabila data yang dilaporkan sesuai, maka pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) bisa mengawasi.

Karenanya, untuk mengatasi masalah ini, pemerintah akan membuat marketplace untuk guru, dimana nantinya para tenaga pendidik ini bisa bebas mendaftar dan memilih lokasi sekolah tempatnya mengajar sebagai seorang guru serta pastinya bisa diakses oleh semua sekolah di Indonesia.

Ketika ini diterapkan, maka pola perekrutan yang tersentral di pusat otomatis berubah menjadi real time. Artinya, perekrutan bisa dilakukan langsung oleh sekolah kapan saja sesuai dengan kebutuhan di lapangan dan formasi yang ditentukan oleh pusat berdasarkan dapodik dan dari sumber data yang lain. Program ini pun bersifat dinamis pada setiap tahunnya, tergantung pada perubahan jumlah penerimaan siswa maupun formasi di tiap sekolah.

Lalu, siapa saja yang bisa masuk dalam marketplace ini? Nadiem mengatakan, ada dua kategori guru yang bisa masuk dalam sistem.
1. Guru honorer yang sudah mengikuti seleksi calon guru ASN. Ketika dinyatakan lulus passing grade, maka yang bersangkutan bisa masuk dalam data based.
2. Lulusan pendidikan profesi guru (PPG) pra jabatan. Pada kategori ini, guru-guru baru yang sudah lulus PPG akan masuk dalam marketplace terintegrasi ini.

Kebijakan ini pun diadakan secara bersamaan dengan pengalihan penganggaran gaji dan tunjangan guru ASN yang sekarang berada di pemda menjadi ke sekolah. Sama halnya seperti anggaran dana BOS yang kini langsung ditransfer ke sekolah tanpa melewati pemda terlebih dahulu. Dana akan benar-benar dikunci untuk pembayaran gaji dan tunjangan guru yang direkrut lewat marketplace ini. Sebab, pembayaran guru ASN akan menggunakan sistem pembelanjaan di sekolah. Dengan begitu, tidak ada lagi guru yang dibayar seadanya.

Berkaitan dengan ekonomi di Indonesia, dengan diberlakukannya perekrutan guru lewat marketplace ini, tentunya ada berbagai macam manfaat yang diberikan, antara lain :
1. Guru Bisa Langsung Diangkat PNS
Ketika guru dalam marketplace ini sudah terkonfirmasi dan direkrut oleh sekolah, guru tersebut akan otomatis diangkat sebagai ASN PPPK. Nadiem mengklaim mekanisme seperti itu akan sangat efisien mengisi kekosongan guru PPPK di sekolah daripada yang ada pada saat ini. Sehingga hal inilah yang menyebabkan kenaikan pangkat menjadi lebih cepat.

2. Peningkatan insentif dalam karirnya
Seorang guru yang sudah lama mengajar di sekolah awal tempat dia bekerja mungkin memberikan insentif berbeda dengan sekolah yang lain. Dengan adanya marketplace ini memberikan kesempatan bagi tenaga pengajar tersebut untuk pindah ke sekolah lain dengan insentif yang ia harapkan dapat ia peroleh di sekolah tersebut. Sehingga hal ini dapat sedikit memperbaiki perekonomiannya dan keluarganya walaupun hanya ditinjau dari segi insentif yang didapat.

3. Mengurangi pengangguran bagi sarjana pendidikan
Di zaman sekarang, banyak sekali mahasiswa lulusan sarjana pendidikan yang menganggur atau tidak bekerja. Hal ini dapat diakibatkan oleh faktor minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia sementara sumber daya manusianya semakin meningkat. Hal inilah yang membuat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim menyampaikan terobosan barunya, yaitu perekrutan ASN lewat marketplace. Beliau memanfaatkan teknologi yang semakin canggih untuk melakukan pemanfaatan maksimal bagi ASN agar mereka bisa mendapatkan pekerjaan.

Hal ini dilakukan dengan harapan dan tujuan dapat menaikkan dan mempercepat penyebaran mata uang di masyarakat lewat teknologi. Apabila hal ini dapat berjalan dengan baik secara terus-menerus, maka akan berdampak baik bagi sarjana pendidikan di Indonesia karena semakin banyak orang yang memaksimalkan teknologi untuk menambah pemasukan negara, maka akan semakin meingkat pula percepatan mata uang di Indonesia.


Referensi :
1) https://www.liputan6.com
2) https://padek.jawapos.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HIMIKO  (Himpunan Mahasiswa Ekonomi) Himpunan Mahasiswa Ekonomi (HIMIKO) adalah wadah organisasi bagi mahasiswa Program Studi Ekonomi untuk mengembangkan diri, menambah relasi dan tentunya memajukan Prodi Ekonomi. HIMIKO terbentuk pada tanggal 12 November 2016. Himpunan Mahasiswa Ekonomi terbentuk pada saat mabim angkatan pertama Program Studi Ekonomi 2016. HIMIKO memiliki arti logo berbentuk 12 gir yang melambangkan tanggal terbentuknya HIMIKO. HIMIKO telah menjadi anggota IMEPI (Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia) sejak tahun 2017. Tahun 2019 HIMIKO terpilih menjadi Himpunan Tersosmed di Acara ORMAWA AWARD yang diselenggarakan oleh BEM U. HIMIKO memiliki Visi dan Misi sebagai berikut: Visi : “Meningkatkan solidaritas antar generasi ilmu ekonomi dan menjadikan HIMIKO himpunan yang dikenal di UBB maupun diluar UBB.” Misi : 1. Menjalin kerjasama antar organisasi di UBB maupun diluar UBB. 2. Meningkatkan keakraban antar kepengurusan sehingga menjalankan proker yang maksima

Kapitalisasi Pendidikan Terhadap Aksesibilitas dan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Kapitalisasi pendidikan di Indonesia telah menjadi isu yang sangat relevan dan kompleks, terutama dalam konteks kenaikan biaya pendidikan yang signifikan. Kapitalisasi pendidikan dapat didefinisikan sebagai proses di mana pendidikan dipengaruhi oleh unsur-unsur ekonomi dan budaya kapitalis, mengarah pada perbedaan kualitas pendidikan yang didapatkan oleh masyarakat berbeda status sosial dan ekonomi. Kenaikan biaya pendidikan, seperti yang dikenal sebagai Uang Kuliah Tunggal (UKT), dapat memiliki dampak yang signifikan pada aksesibilitas pendidikan, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Dalam beberapa kasus, kenaikan biaya pendidikan dapat memperburuk situasi kesulitan finansial bagi mahasiswa berpenghasilan rendah, menghambat akses mereka ke pendidikan tinggi, dan bahkan menghentikan studi mereka karena tidak mampu membayar biaya yang semakin tinggi.           Kapitalisasi pendidikan juga dapat berdampak pada kualitas pendidikan yang diterima. Dalam beberapa kasus, kenaikan

Rupiah melemah tipis ke 15.580 per dolar AS pada Kamis, 14 Maret 2024.

Nilai tukar rupiah ditutup di level Rp15.580 per dolar AS pada Kamis (14/3). Mata uang Garuda melemah 5 poin atau minus 0,03 persen dari penutupan perdagangan sebelumnya. Sementara, kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah ke posisi Rp15.582 per dolar AS pada perdagangan sore ini. Mata uang di kawasan Asia juga dominan lesu. Yen Jepang turun 0,02 persen, peso Filipina layu 0,04 persen, yuan China merosot 0,06 persen, dan won Korea Selatan ambruk 0,27 persenSedangkan penguatan dialami dolar Singapura yang naik 0,01 persen, dolar Hong Kong tumbuh 0,02 persen, dan rupee India plus 0,04 persen. Di lain sisi, ringgit Malaysia dan baht Thailand macet Namun, mata uang negara maju mayoritas menguat. Poundsterling Inggris plus 0,12 persen, euro Eropa jatuh 0,04 persen, franc Swiss ambruk 0,10 persen, dolar Kanada menguat 0,01 persen, dan dolar Australia tumbuh 0,02 persen. Fokus pasar beralih ke pembacaan inflasi AS dan penjualan ritel me